Hadiri Pembukaan Sidang Sinode Bolon GKPS, Plt Walikota Pematangsiantar Diberi Kejutan Ulang Tahun

IDNMetro.com, Pematangsiantar – Plt. Walikota  Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA mendapat kejutan ulang tahun saat menghadiri pembukaan Sidang Sinode Bolon Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) ke-45. Kebetulan, Selasa (28/6/2022) merupakan hari ulang tahun ke-59 Plt. Walikota Susanti.

Pembukaan Sidang Sinode Bolon GKPS ke-45 berlangsung di Balai Bolon GKPS, Jalan Pdt J Wismar Saragih Pematangsiantar, sekitar pukul 17.30 WIB.

Setelah Ketua Panitia Pelaksana Sidang Sinode Bolon GKPS ke-45, Dr Hisarma Saragih MHum menyampaikan laporan, dilanjutkan sambutan dari Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH dan Bupati Dairi Dr Ir Eddy Keleng Ate Berutu MA.

Sebelum Plt Walikota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyampaikan sambutan, panitia Sidang Sinode GKPS ke-45 datang sambil membawa kue ulang tahun yang ditujukan kepada Plt Walikota. Sesaat, semua hadirin merayakan hari ulang tahun Plt Wali Kota Susanti.

Plt .Walikota Susanti dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan undangan Sinode Bolon GKPS ke-45 yang berasal dari luar Kota Pematangsiantar.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Kabupaten Humbahas Raih  Harapan II Lomba Inovasi Daerah

“Selamat datang di Kota Pematangsiantar, kota yang berhawa sejuk, dengan motto Sapangambei Manoktok Hitei, yang artinya bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan mulia. Semoga acara Sinode Bolon GKPS ke-45 ini berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Dilanjutkan Plt. Walikota Susanti, Sinode Bolon merupakan agenda yang sangat penting bagi GKPS. Bukan hanya bagi jemaatnya, tetapi juga bagi masyarakat, khususnya di Kota Pematangsiantar yang merupakan tempat berlokasinya Kantor Pusat GKPS.

Sinode Bolon, katanya, bukan sekadar seremonial dan formalitas perhelatan agung yang diadakan untuk memilih Ephorus, Sekjen, dan kelengkapan lainnya. Di luar agenda rutin tersebut, tentu saja ada keputusan tentang hal-hal yang akan dilakukan ke depan.

“Bisa dibayangkan, betapa besarnya tugas dan tanggung jawab pimpinan GKPS. Sebab untuk menata dan mengelola jemaat dalam jumlah besar membutuhkan pemimpin yang tentunya memiliki kemampuan sangat luar biasa,” tukasnya.

Masih kata Plt Walikota Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mengucapkan selamat bersidang kepada seluruh Sinodestan, semoga Sinode Bolon GKPS ke-45 ini berlangsung tertib, damai, dan aman. Dengan prinsip kasih yang melandasi gereja, seluruh agenda diharapkan berjalan dengan baik. Diharapkan seluruh Sinodestan berpartisipasi aktif dengan memberikan masukan, ide, dan saran bagi kemajuan GKPS serta menyentuh langsung kebutuhan jemaat.

Baca Juga :  Plt Walikota Pematangsiantar Apresiasi AFS Miliki Jiwa Entrepreneur dan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Dalam kesempatan tersebut, Pemko Pematangsiantar mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pimpinan, pelayan, dan jemaaat GKPS yang selama ini terus bersinergi dengan Pemko Pematangsiantar, termasuk dalam menjaga kerukunan, toleransi, dan kondusivitas, serta mewarnai kemajemukan di Indonesia.

“Semoga kerja sama, sinergitas, dan kolaborasi antara GKPS dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar dapat terus ditingkatkan, demi mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Besar harapan kami, GKPS semakin besar dan para pendetanya semakin menjadi garam dan terang dunia, serta memberikan kemaslahatan bagi para jemaatnya dan masyarakat Kota Pematangsiantar,” pungkasnya.

Sekjend GKPS Pdt Dr Urich Munthe dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah hadir dalam acara tersebut.

“Kita bersyukur untuk kebersamaan ini, dan kami berterima kasih untuk dukungan dana dan dukungan morilnya. Kami juga berharap memang tongon pandemi sudah melandai, dan kami berharap agar menjaga kesehatan dan di dalam tas kita ada handsanitizer. Kita tetap menjaga agar tidak menimbulkan kluster baru. Kepada panitia, terima kasih karena sudah bekerja keras. Kepada peserta agar kita pergunakan waktu yang diberikan Tuhan untuk kebaikan kita bersama,” jelasnya.

Baca Juga :  Penerima Bantuan Beras di Kecamatan Pagaran Diduga Diminta Bayar Rp 5000 untuk Biaya Pengakutan Beras

Kemudian, Ephorus GKPS Pdt Dr Deddy Fajar Purba MTh membuka secara resmi Sidang Sinode Bolon GKPS ke-45 dengan memukul gong.

Turut hadir, utusan Menkumham RI yakni Staf Khusus Menkumham RI Bane Raja Manalu, mewakili Ketua DPRD Sumut, mewakili Gubernur Sumatera Utara yakni Kalitbang Pemprovsu, mewakili Kapoldasu, mewakili Kapolres Pematangsiantar, mewakili Ketua DPRD Pematangsiantar, mewakili Ketua DPRD Simalungun, Pdt SA Girsang, Pdt Edison Munthe, Pdt Martin Rumanja Purba, Pdt Jaharianson Saragih, Pdt El Imanson Sumbayak, Ketua Umum Korps Senior Himapsi Parlindungan Purba, dan undangan lainnya. (*)