Kemendikbud Kembangkan Budaya Aceh Lewat GSMS Tahun 2022

IDNMetro.com, Aceh Timur – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Timur menggelar acara Pementasan Dan Pameran Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Tahun 2022 yang dihadiri oleh Tim Direktur Pengembangan Dan Pemanfaatn, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi bertempat di SMP Negeri 1 Idi Rayeuk, Selasa (6/9/2022).

Adapun ruang lingkup GSMS ini adalah meliputi, Seni teater, seni media, seni rupa, seni sastra dan nilai budaya serta objek kemajuan kebudayaan. Dan target sasarannya adalah  15 sekolah  yang melibatkan 15 seniman serta 150 siswa/siswi.

judul gambar

Kemudian, kegiatan ini turut dimeriahkan oleh beberapa pertunjukan murid dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Aceh Timur, salah satunya yakni adalah Seumapa dan tarian daerah.

Baca Juga :  Alishter Sumut Berikan Traning User Herbisida Terbatas untuk Para Petani 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, SPd, MPd usai kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini menumbuhkan minat atau bakat peserta didik untuk mengembangkan seni serta dapat mengapresiasi budaya masing-masing.

“Kita ingin peserta didik dapat mengembangkan minat terhadap kesenian agar dilestarikan oleh generasi mengapa? Karena seperti kata pepatah aceh ” Gadoeh aneuk meupat jerat gadoeh adat hana pat tamita” Untuk itu dengan kegiatan ini dapat mendorong siswa/i untuk mencintai budaya” Katanya, Selasa (6/9/2022).

Sementara itu, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dr. Khoirnafiya S. Sos. M. Si bahwa pihaknya bersama-sama untuk mewujudkan kepentingan nasional dalam menghadapi tantangan global salah satunya adalah dengan cara menumbuhkembangkan kembali nilai budaya kepada peserta didik di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Proyek Drainase di Jalan Perbatasan Kelurahan Tambun Nabolon "Terlantar" Tanah Galian Dibiarkan Menumpuk

“Kita akan bersama Disdikbud Aceh Timur akan mendorong minat bakat siswa atau siswi di seluruh Indonesia salah satunya yakni di Aceh Timur ini, kita harap dengan kegiatan ini kedepan dapat kembangkan lagi oleh generasi Aceh Timur” Pungkasnya.

Dalam kegiatan dihadiri oleh ratusan murid dan Guru serta para tamu undangan untuk melihat langsung pertunjukan peserta didik dihadapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek serta Teknologi Republik Indonesia (Junaidi)

Example 325x300

Example 325x300

Example 325x300

Example 325x300