Berita Daerah

Ketua Dewan Pengawas Yayasan SMA TB Soposurung Nikmati Alam Sipinsur Humbang Hasundutan

×

Ketua Dewan Pengawas Yayasan SMA TB Soposurung Nikmati Alam Sipinsur Humbang Hasundutan

Sebarkan artikel ini

IDNMetro.com, Doloksanggul –  Ketua Dewan Pengawas Yayasan SMA TB (Tunas Bangsa) Soposurung Balige Toba Robert Njo bersama rombongan berwisata menikmati alam Sipinsur yang berada di Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan, Minggu (17/7/2022)

Kehadiran pengusaha nasional itu di Sipinsur disambut Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Sekda Drs Tonny Sihombing, Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing S.Sos, Plt Kadis Kominfo Drs Janter Sinaga dan OPD lainnya termasuk Camat Paranginan Parlin Siahaan ST dengan tari-tarian Etnis Batak. Sebelum jamuan makan siang, rombongan mengitari wisata alam Sipinsur dan melihat-lihat indahnya Danau Toba. Karena dari lokasi itu bisa memandang danau toba termasuk pulau Sibandang milik Tapanuli Utara dan Pulau Samosir. Berwisata di Sipinsur seolah-olah berada di angkasa karena bisa melihat dengan jelas indahnya Danau Toba. Sebagai tanda penghargaan dan penghormatan, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE memberikan cenderamata berupa ulos.

Baca Juga :  Panitia Pelantikan Terbentuk,  DPW IWOI Sumut Periode 2023-2028 Dilantik awal Juni 2023

Kadis Pariwisata dan Pora Humbahas Jakkon H Marbun SE menjelaskan Kabupaten Humbahas sebagai bagian dari kawasan danau toba memiliki potensi wisata dan budaya yang layak untuk dikembangkan dan dipromosikan. Ada 65 wisata alam dan budaya di daerah Humbang Hasundutan, salah satu diantara wisata alam Sipinsur. Wisata alam yang penuh dengan pohon pinus sudah terkenal di Indonesia, karena pada tahun 2018, geosite Sipinsur memperoleh penghargaan sebagai dataran tinggi terpoluler se- Indonesia. Tahun demi tahun, wisata itu selalu dibenahi Pemkab Humbang Hasundutan.

Wisata alam ini, tambah Jakkon Marbun sudah dikunjungi para petinggi dan pejabat di Indonesia termasuk Presiden RI Ir Joko Widodo. Bahkan para Menteri sudah sering berkunjung ke Sipinsur termasuk pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Baca Juga :  Maya Situmorang Prakarsai Gerakan Menanam Sejuta Pohon di Dolok Imun, Situs Raja Naipospos

Usai menikmati alam Sipinsur, rombongan bersama Bupati Humbahas bergerak menuju lahan pertanian jeruk milik keluarga Ronson Sihombing-Rumata Siregar yang juga berada di desa tersebut. Sambil mencicipi buah jeruk, rombongan juga petik sendiri. Robert Njo bercerita kepada pemilik lahan Rumata Siregar (Mamak Leonardo), demi meningkatkan pendapatan, bahwa lahan pertanian jeruk ini bisa dijadikan sebagai wisata alam. “Makan jeruk sepuasnya silahkan disini, cukup bayar sekian. Bungkus bayar lagi. Konsep seperti bisa dijadikan di lokasi pertanian ini” pesan Robert Njo kelahiran Sidikalang Dairi itu. (Selis Tumanggor)

Model