PMI Berharap Plt Walikota Pematangsiantar berikan Penghargaan Kepada Masyarakat Aktif Donor Darah Minimal 25 kali

IDNMetro.com, Pematangsiantar – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Pematangsiantar mengharapkan agar Plt Walikota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani, SpA memberikan penghargaan kepada masyarakat yang aktif mendonorkan darah minimal 25 kali. Hal tersebut disampaikan pengurus PMI Cabang Pematangsiantar saat beraudiensi dengan Plt Walikota Susanti di ruang kerja wali kota, Jalan Merdeka, Senin (18/7/2022) sekira jam 09.00 WIB.

Ketua PMI Cabang Kota Pematangsiantar dr. Rajin Saragih, dalam audiensi tersebut menerangkan, kehadiran mereka selain bersilaturahmi juga ingin memperkenalkan pengurus PMI Cabang Kota Pematangsiantar. Direncanakan, para pengurus akan dilantik September 2022 mendatang.

Para pengurus PMI Cabang Kota Pematangsiantar yakni: Ketua dr Rajin Saragih, Sekretaris Irwansyah Damanik, Bendahara Jalatua Hasugian, dan Kepala Unit Donor Darah dr Abadi Sinaga.

Baca Juga :  Kepala KPw BI Pematangsiantar Apresiasi Plt Walikota Peduli dan Kembangkan UMKM

Rajin Saragih juga menyampaikan, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI pada 17 September 2022, dan pelantikan pengurus PMI Cabang Kota Pematangsiantar, pihaknya mengharapkan Plt. Walikota Susanti berkenan memberikan piagam penghargaan terhadap masyarakat yang aktif telah mendonorkan darahnya minimal 25 kali.

Sementara itu, Plt. Walikota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar senantiasa mendukung program kegiatan PMI yang bersifat kesehatan dan kemanusiaan.

“Karena yang saya ketahui, PMI adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Palang Merah Indonesia dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan, tetapi mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya,” terangnya.

Baca Juga :  Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Gelar Giat Apel Deklarasi Zero Halinar, Pemusnahan Barang Bukti serta Tes Urine terhadap Pegawai dan WBP

Dalam melaksanakan aksi-aksi kemanusiaannya, kata Plt. Walikota Susanti, PMI selalu memegang teguh 7 Prinsip Dasar Gerakan Internasional, yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kesukarelaan, Kemandirian, Kesatuan, Kenetralan, dan Kesemestaan.

Selain itu, Plt. Walikota Susanti mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung program kerja PMI Pematangsiantar yang akan diintegrasikan dengan program kerja Pemko Pematangsiantar di bidang kesehatan dan kemanusiaan.

“Ini merupakan prioritas kami untuk terbuka menyambut hal-hal baik yang berkelanjutan untuk Kota Pematangsiantar. Pemerintah Kota Pematangsiantar akan mengupayakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan PMI yang pada prinsipnya untuk kemaslahatan masyarakat Kota Pematangsiantar,” imbuhnya.

Menanggapi permintaan Pengurus Cabang PMI Pematangsiantar, Walikota Susanti memberikan apresiasi dan dukungan kegiatan PMI yang selalu bergerak dalam bidang kemanusiaan. Serta mengajak agar selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemko Pematangsiantar.

Baca Juga :  Plt Wali Kota Pematangsiantar Hadiri Peringatan HANI Bersama Presiden Jokowi secara Virtual

Ia juga berharap PMI lebih mengedepankan kualitas pelayanan terhadap para pendonor dan peningkatan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanggulangan suatu penyakit yang menjadi perhatian global.

Turut hadir, Sekretaris PMI Cabang Kota Pematangsiantar Irwansyah Damanik, Bendahara PMI Cabang Kota Pematangsiantar Jalatua Hasugian, dan Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Pematangsiantar dr Abadi Sinaga. (*)