Model
Berita Daerah

PTPN IV Bah Birong Ulu Alihkan Saluran Air ke Sungai untuk Antisipasi Longsor Jalan Utama di Nagori Parmonangan

×

PTPN IV Bah Birong Ulu Alihkan Saluran Air ke Sungai untuk Antisipasi Longsor Jalan Utama di Nagori Parmonangan

Sebarkan artikel ini

IDNMetro.com, Simalungun – PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) melalui Unit Bah Birong Ulu Kabupaten Simalungun, telah menggali lobang untuk saluran air sepanjang 100 meter lebar 1.5 Meter, saluran ini nantinya menuju ke sungai.

Tujuan saluran ini di buat agar dua titik longsor jalan menuju empat Desa di wilayah Nagori (Desa) Parmonangan, Kecamatan Jorlanghataran, Kabupaten Simalungun  yang semakin membesar tidak putus total.

Demikian disampaikan Ir. Arma Mulia Sirait MM, Manager Unit Bah Birong Ulu di dampingi Indah Chipto Mulio (Asisten Kepala) Dody Tisnamijaya Syahputra (Asisten Personalia Kebun) dan Kepala Desa Parmonangan, Prayetno ketika meninjau penggalian parit di lahan PTPN IV Bah Birong Ulu di wilayah Nagori Parmonangan, Rabu (06/12)

Baca Juga :  Serka Adnan bersama Keuchik serta Warga Desa Bugak Mesjid Bersihkan Saluran Air dan Semak Belukar

Ir Arma Mulia Sirait MM juga menambahkan, Managemen PTPN IV Unit Bah Birong Ulu telah menggali saluran drainase, mulai dari hari Senin (04/12) sepanjang 100 meter, lebar 1.5 meter dan kedalaman 1.5 meter. Aliran air yang mengalir selama ini akan kami alihkan menuju sungai.

Katanya, itu dilakukan untuk mengantisipasi agar didua titik bahaya longsor jalan menuju empat desa di wilayah binaannya tidak putus total dan melebar hingga ke pemukiman warga.

Dua titik longsor tersebut kami duga disebabkan debit air dari lahan PTPN IV Unit Bah Birong yang kerap meningkat saat musim penghujan di beberapa bulan terakhir, sehingga saluran drainase dan badan jalan nyaris putus total sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat Ujar Ir. Arma Mulia Sirait MM.

Baca Juga :  Anggaran Dana Hibah untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Tapanuli Utara Belum Dicairkan

Sementara itu Asisten Kepala lndah Chipto Mulio juga menyampaikan, pembuatan saluran tersebut cukup membantu sebelum longsor itu dapat ditangani tahun 2024 dan tidak melebar hingga sampai ke pemukiman warga katanya.

J.Silalahi (52) warga yang bermukim di sekitar lokasi mengucapakan apresiasi dan terimakasih kepada Managemen PTPN IV, karena telah mengali saluran drainase baru sebagai pengalihan debit air untuk mengantisipasi dua titik longsor di ruas jalan tutur J Silalahi.
(Heri Guci)