Model
Berita Daerah

Sekdakab Humbahas: Minta Pelaku WUB Menurunkan Pengangguran

×

Sekdakab Humbahas: Minta Pelaku WUB Menurunkan Pengangguran

Sebarkan artikel ini

IDNMetro.com, Humbahas – Kepala Dinas Pariwisata,Pemuda Olahraga Humbahas,Jakkon Marbun MM, minta kepada Pelaku Wirausaha Baru (WUB) di Kabupaten Humbahas,berpacu untuk berproses menjadi pelaku usaha sukses serta dapat menjadi tuan rumah dalam berbagai bidang usaha upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang usaha.

“Sebanyak 20 orang pelaku WUB menerima bantuan peralatan dan perlengkapan upaya mendukung usaha menjahit pakaian dan salon kecantikan. Para pelaku usaha dapat menyambut baik kegiatan seperti ini.Artinya,ini adalah upaya pemerintah membantu para WUB di berbagai bidang wirasa usaha kecil seperti salon kecantikan,menjahit dan lainya,”Sebutnya, pada saat penyerahan bantuan perlengkapan peralatan salon dan mesin jahit, Senin,(18/12/2023) di Doloksanggul.

“Untuk pengembangan UKM WUB Pemkab Humbahas memberikan kemudahan,dari perizinan untuk pelaku usaha, asalkan sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam perundang undangan yang berlaku dalam melegalkan usaha yang sedang dijalankan masyarakat pelaku usaha,”ujarnya.

Baca Juga :  Usai Dinyatakan Raih Suara Terbanyak, Bakhtiar Dimandikan sesuai Adat

Senada dikatakan,Pj Sekdakab Humbahas,Christison Rudianto Marbun,MPd. Dalam sambutannya mengatakan,dalam hal penumbuhan wirausaha baru di Humbahas,Pemkab Humbahas mengambil langkah untuk pengembangan industri kecil menengah di berbagai bidang usaha.

“Untuk hal kemajuan berbagai bidang usaha di Humbahas,Pemerintah mendorong pelaku usaha berkembang bersama dan bersinergi dengan lembaga pelatihan melalui bimbingan teknis,pelatihan bidang usaha,bantuan alat,permodalan dan kegiatan lainya di Humbahas,”ucapnya.

Lanjut Rudianto menyebut,Pemerintah bukan hanya menyediakan peralatan,dinas terkait,juga melaksanakan pelatihan untuk pelaku WUB di Humbahas.

“Kita rutin melakukan berbagai pelatihan,melalui lembaga pelatihan resmi yang kompeten.Artinya,jangan hanya peralatan yang disediakan,tapi juga pelatihan,agar menjadi pelaku usaha dengan skill terampil dan bersaing,”harapnya.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui wirausaha, Christison,berharap agar pelaku usaha mendapat dukungan dan mampu bersinergi dengan semua pihak.

Baca Juga :  Tindak lanjuti Laporan Masyarakat Terkait Masih Banyaknya APK di Simalungun, Bawaslu Langsung Turun Kelokasi Turunkan APK

“Sekaligus,kita akan melihat sejauh mana perkembangan para pelaku usaha yang kita bina sebelumnya,”ucapnya.

“Bantuan ini,bukan hak milik pribadi,tapi bagaimana ini berproses dan bisa berkembang untuk mengembangkankan skill pelaku usaha dan mampu menurunkan tingkat pengangguran di lingkungan sekitarmu,” harapnya.

“Kedepan WUB di Humbahas,bisa bertambah dan berkembang dan menularkan ilmu ke masyarakat lainya.Dengan produk yang dihasilkan yang lebih baik dan mampu menjadi tuan rumah sendiri,”tutupnya.

Sementara itu,salah satu penerima bantuan peralatan dan perlengkapan mesin jahit, Desy R Lumbantobing, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan peralatan dan perlengkapan mesin jahit

“Ini akan memacu kami,akan berkembang sesuai dengan bidang usaha yang kami tekuni saat ini,”ujarnya.

Baca Juga :  Polres Simalungun Gelar Sunat Massal Gratis Sambut HUT Bhayangkara ke-76

Senada dikatakan, pelaku usaha Salon Kecantikan, Ratna Uli Lumban Gaol dan Nelly Angelina Zai mengucapkan terima kasih, atas bantuan pemerintah berupa peralatan salon dalam upaya meningkatkan kemajuan usaha.

“Terima kasih kepada pemerintah, sangat membantu usaha kami.dengan bantuan ini,usaha akan semakin maju dan bertambah pula rezeki,”ujarnya.

Laporan : Dedy Hutasoit