Resep  

Selain Dijadikan Tanaman Hias, Kumis Kucing Sering di Konsumsi untuk Kesehatan dan Kebugaran 

Teks dan Photo : Tanaman Kumis Kucing
Teks dan Photo : Tanaman Kumis Kucing

IDNMetro com, Jakarta –  Pernah mendengar atau melihat tanaman kumis kucing? Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus ini memang memiliki bentuk yang mirip seperti helai kumis kucing, sehingga dijuluki kumis kucing atau cat whisker.

Selain sebagai tanaman hias, daun kumis kucing juga bisa dijadikan teh herbal untuk membantu mengatasi banyak kondisi kesehatan tertentu. Salah satu manfaatnya yang paling dikenal adalah membantu mengatasi anyang-anyangan.

judul gambar

Namun, bukan hanya itu saja, masih ada banyak manfaat daun kumis kucing lainnya. Yuk, cari tahu di sini!

Manfaat Daun Kumis Kucing

Kumis kucing atau yang dikenal juga dengan nama Java plant adalah tanaman herba yang termasuk dalam famili Labiatae atau lamiaceae. Tanaman ini banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Berkat potensi kesehatan yang dimilikinya, kini kumis kucing sudah dikenal hingga ke luar negeri.

Di Eropa, orang menggunakan rebusan daun Orthosiphon stamineus (nama latin lain untuk kumis kucing), untuk membuat teh Jawa yang dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara umum.

Menurut sebuah studi ilmiah, tanaman berbunga cantik ini memiliki banyak senyawa yang bisa memberi dampak baik untuk kesehatan. Kumis kucing kaya akan flavonoid yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Selain itu, asam rosmarinic yang ada dalam tanaman herbal ini juga berkontribusi pada banyak manfaat kesehatannya. Berikut manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan:

Baca Juga :  Ini Dia Tanaman Hias Paling Diminati di Bulan Oktober 2022

1. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Salah satu manfaat kumis kucing yang utama dan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian medis adalah mengatasi infeksi saluran kemih (ISK). Jadi, bila kamu mengalami anyang-anyangan yang bisa jadi pertanda ISK, cobalah minum air rebusan atau teh daun kumis kucing.

Berkat efek diuretiknya, kumis kucing bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Sering buang air kecil secara tidak langsung bisa membantu menghilangkan bakteri yang ada di dalam kandung kemih. Hal itu pun membantu mencegah bakteri menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi.

Selain itu, daun kumis kucing pun juga memiliki antibakteri alami yang bisa membantu melindungi saluran kemih dari serangan bakteri.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga dikenal dengan julukan tanaman ginjal. Hal itu mungkin karena manfaatnya untuk mengobati gangguan ginjal. Di pulau Jawa, teh herbal yang dibuat dari daun kumis kucing dipercaya bisa menghilangkan batu ginjal yang berukuran hingga 5 sentimeter secara efektif. Manfaat daun kumis kucing tersebut juga sudah diverifikasi dalam beberapa penelitian klinis.

Baca Juga :  Peresmian Cafe Tentang Kopi Kota Duri

Kumis kucing memiliki bahan aktif orthosiphonin dan garam kalium yang memiliki efek menjaga asam urat dan garam asam urat dalam bentuk larut, sehingga mencegah mereka mengendap dan membentuk batu ginjal. Ditambah lagi dengan sifat diuretiknya, tanaman herbal tersebut mampu mencegah dan mengobati batu ginjal.

3. Obat Rematik Alami

Bila kamu punya masalah rematik, daun kumis kucing juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasinya. Berkat efek antiinflamasi yang dimilikinya, tanaman herbal tersebut mampu mengurangi peradangan pada sendi. Selain itu, daun kumis kucing juga memiliki enzim, seperti flavonoid dan asam alami, yang bisa mengurangi rasa nyeri akibat rematik.

Untuk mengobati sakit rematik, minumlah secangkir teh yang dibuat dari 15-20 lembar daun kucing, sebanyak 1-2 cangkir sehari.

4. Mengobati Gusi Bengkak

Baca Juga :  Nah, Ini Manfaat Konsumsi Jahe Secara Rutin

Gusi bengkak bisa terjadi karena berbagai alasan dan rasa sakitnya bisa sangat mengganggu. Nah, daun kumis kucing memiliki kandungan antibakteri yang bisa melawan infeksi bakteri yang sering kali menjadi penyebab gusi bengkak.

Untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan pembengkakan pada gusi, daun kumis kucing bisa digunakan dengan cara dikunyah atau ditumbuk dan ditempelkan pada gigi yang berlubang.

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun kumis kucing juga sangat baik untuk pengidap diabetes, karena kandungan asam ursolat yang dimilikinya bisa mengurangi gula darah. Beberapa penelitian ilmiah sudah menunjukkan bahwa tanaman herbal tersebut bisa secara efektif mengatur kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bisa membantu pengidap diabetes dalam mengelola penyakitnya tersebut. Namun ingat, bicarakan dahulu dengan dokter sebelum beralih sepenuhnya ke minuman herbal ini.

Itulah beberapa manfaat kesehatan daun kumis kucing. Nah, selain mengonsumsinya secara langsung, beberapa tanaman herbal juga sudah ada dalam bentuk suplemen. Kamu bisa coba cek obat dan vitamin herbal untuk membantu mengatasi masalah kesehatan yang kamu miliki di aplikasi Halodoc. (****)

 

Menurut dr. Rizal Fadli

judul gambar judul gambar