Tetap Semangat, Personel Polres Simalungun Amankan Libur Peringati Tahun Baru Islam Di Parapat Dengan 3K

IDNMetro.com, Simalungun – Perayaan Suroan atau 1 Muharram 1444 H di Kabupaten Simalungun berlangsung aman dan lancar. Kamtibmas kondusif tersebut tak lepas dari peran serta seluruh stakeholder dan masyarakat yang konsisten dalam menjaga keamanan.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta Polres Simalungun AKP Pandapotan Butar-butar, SH., saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan pengamanan. Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun. Minggu(31/7/2022)

judul gambar

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan Suroan mulai tadi malam hingga hari ini berlangsung kondusif. Semua berjalan aman.” Ujar AKP Pandapotan.

AKP Pandapotan Butar-butar, SH., mengungkapkan, pada Suroan tahun ini, Polres Simalungun bersama polsek sejajaran mengerahkan personelnya dibantu oleh TNI, Satpol PP maupun Dishub. Untuk malam 1 Suro/Muharram 1443, personel disebar diseluruh wilayah Kabupaten Simalungun untuk memberi rasa aman kepada masyarakat.

Baca Juga :  Melihat Lebih Dekat Strategi Polri Amankan KTT G20  

Sedangkan khusus untuk pengamanan kegiatan hari ini, personel sat samapta polres simalungun serta polsek parapat dilibatkan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang datang berwisata, Hal ini dengan pertimbangan kegiatan masyarakat yang cukup padat ditambah bersamaan dengan hari libur panjang sehingga diperkirakan aktivitas masyarakat meningkat signifikan.

Pihaknya menuturkan, beberapa kecamatan juga terpantau menggelar kegiatan memperingati tahun baru Islam baik berupa pawai, serta kegiatannya yang lainnya.

“Kita pertebal pengamanan khususnya pada wilayah yang memang memiliki kerawanan cukup tinggi. selain itu, personel juga kita kerahkan pada lokasi wisata, seperti saat ini kita melakukan pengamanan di Parapat yang merupakan salah satu lokasi wisata super prioritas danau toba.

Baca Juga :  Operasi Berantas Narkoba di Simalungun Berhasil Amankan Tiga Tersangka

Kita juga tetap menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan antisipasi penyebaran covid-19 dan tetap siaga menjaga baran-barang berharga yang dibawa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Personel juga melaksanakan patroli di seluruh lokasi yang menjadi tempat-tempat yang dikunjungi oleh wisata yang datang dari luar daerah, melihat saat ini cuaca yang berubah-ubah, maka kita tetap waspada terjadinya bencana alam seperti pohon tumbang, banjir serta longsor dengan tetap menyiagakan perlengkapan Basarnas yang dimiliki oleh BPBD Simalungun dengan metode 3K, Komunikasi, Kordinasi serta Kolaborasi dalam melaksanakan tugas apa bila terjadi bencana alam tersebut” Imbuhnya.

Tak ketinggalan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun yang telah berkontribusi dan secara nyata bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga perayaan Suroan atau 1 Muharram 1443 H ini berjalan aman kondusif.

Baca Juga :  Polisi Berhasil Amankan 3 Pelaku Kejahatan Curanmor Lintas Kabupaten

“Kami tak bisa bekerja sendiri. Peran serta masyarakat sangat diperlukan.” Pungkasnya.(joe)

 

 

Example 325x300

Example 325x300

Example 325x300

Example 325x300