Model
Berita Daerah

Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Bina Wilayah Pemilu Tahun 2024

×

Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Bina Wilayah Pemilu Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

IDNMetro.com, Bogor – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan bina wilayah pemilu tahun 2024.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Arif Rahman SH., MH. yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Kecamatan Darmaga Kabupaten Bogor. Dasar : Pasal 434 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu; Surat Perintah Pj.Bupati Bogor Nomor 800.1.11.1/365-Tapem: tanggal 12 Januari 2024. Atas dasar tersebut diatas, rapat koordinasi Persiapan Pelaksanaan Bina Wilayah Pemilu tahun 2024 di wilayah Kecamatan Dramaga sebagai berikut.

Rapat Koordinasi Terdiri Dari : Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Komandan Rayon Militer, Kecamatan Dramaga, Kapolsek Dramaga, Ketua MUI Kecamatan Dramaga, Satuan Polisi Pamong Praja, Ketua Panwascam Dramaga, Ketua PPK Kecamatan Dramaga.

Baca Juga :  Koordinator FAKSI Meminta Masyarakat Hentikan jika Geuchik Ikuti Bimtek ke Medan

Melaksanakan pembinaan di wilayah Kecamatan Dramaga dalam rangka terlaksananya pemilihan umum tahun 2024 dengan aman, lancar dan kondusif; Melaksanakan koordinasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024 dengan unsur muspika Kecamatan Dramaga.

Mendorong partisipasi masyarakat yang memiliki hak pilih untuk memberikan hak suara nya pada pemilu tahun 2024; Mendorong partisipasi masyarakat yang memiliki hak pilih untuk memberikan hak suaranya pada pemilu tahun 2024 capaian angka perekaman KTP untuk DP4 Pemula 2781, KTP yang sudah terekan sebanyak 2.369, dan KTP yang belum terekam sebanyak 412 ( 85,19%) berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.

Kecamatan Dramaga memiliki jumlah pemilih terdaftar kurang lebih sebanyak 79 ribu pemilih dengan Tingkat partisipasi pemilihan diwilayah Kecamatan Dramaga diharapkan bisa melebihi 95% dari pemilih terdaftar. Antisipasi bagi masyarakat yg sudah berusia 17 Tahun pada tanggal 14 Februari 2024 maka yang bersangkutan sudah berhak untuk menggunakan hak pilih pada pemilu.

Baca Juga :  Masyarakat Lobu Siregar I Meminta agar Pembangunan Jalan Lingkar Soekarno Tidak Dilanjut Sebelum Dibayar dan Diganti Untung

Dukungan pengamanan tahap pendistribusian surat suara, telah dilakukan koordinasi dengan stakeholder ditingkat Pemerintah Kecamatan yaitu, Kepolisian Sektor Dramaga, Koramil Dramaga dan Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Dramga.

Pengamanan surat suara di gudang Tempat Penyimpanan surat suara memanfaatkan fasilitas yang ada pada Kantor Kecamatan Dramaga dengan pengamanan berupa penjagaan selama 24 jam yang melibatkan aparat Kepolisian Sektor Dramaga, aparat TNI dari Koramil Dramaga dan Satuan Pol PP Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor.

Berikut ini adalah upaya yang akan dilakukan terhadap Potensi gangguan Ketentraman dan Ketertiban

a. Melakukan upaya deteksi dini potensi gangguan Trantibum : Secara masif pihak kecamatan telah bekerja sama dengan beberapa stake holder terkait dalam menertitbkan wilayah dramaga selama proses kampanye berlangsung hingga sampai waktu pemilihan dan terpantau kondusif.

Baca Juga :  Rumah Permanen di Desa Lumban Tonga-Tonga Ludes Dilalap Sijago Merah

b. Deteksi dini potensi konflik dan gangguan trantibum di wilayah Kecamatan Dramaga; masih terpantau amandan kondusif namun sebagai bentuk pencegahan Potensi gangguan dari adanya ormas maka bagi anggota ormas dilarang menggunakan atribut/pakai ormas di sekitar TPS.

c. Pembinaan dan pengawasan terhadap netralitas ASN: ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.(red)